Produk iPad Si Mini lebih diminati pasar dibanding iPad layar 9,7 inci
Hal tersebut diutarakan sumber yang
dikutip Digitimes. Menurut sang sumber, dari 19,5 juta unit iPad yang
dikirimkan pada kuartal pertama 2013, sebanyak 12,5 juta di antaranya
atau sekitar 64 persen diperkirakan datang dari iPad Mini.
Angka sebenarnya hanya diketahui oleh Apple yang tidak merinci berapa tepatnya angka pengiriman iPad dan iPad Mini.
Namun, informasi dari DigiTimes ini
sesuai dengan estimasi lembaga riset NPD DisplaySearch pada Desember
tahun lalu. Ketika itu, DisplaySearch memperkirakan Apple bakal
mengkapalkan 12 juta unit iPad Mini pada kuartal pertama 2012.
iPad Mini sendiri sebenarnya memiliki
spesifikasi teknis yang lebih rendah dibanding iPad “konvensional”.
Tablet ini pun tidak dilengkapi Retina Display yang sangat tajam,
seperti pada iPad 4.
Toh, semua itu disebut tak menghalagi
popularitas iPad Mini. Konsumen disebut tertarik pada bentuknya yang
kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.
Bersama produk-produk lain seperti
Google Nexus 7 dan Samsung Galaxy Tab, iPad Mini menandai pergeseran
tren pasar tablet menuju produk tablet murah dengan ukuran layar 7-8
inci.
Kabarnya pula, Apple sedang menyiapkan
dua iPad Mini versi baru yang akan dirilis sekitar kuartal ketiga tahun
ini. Satu versi akan dilengkapi layar Retina Display sementara yang
lainnya mengusung harga murah untuk bersaing dengan Nexus 7 dan Kindle
FIre HD dari Amazon.